KHUSUS BAGI YANG MAU BERTAUBAT

KHUSUS BAGI YANG MAU BERTAUBAT

ادْخُلُوْا الْجَنَّةَ أَنْتُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ تُخْبَرُوْنَ  ]الزحرف:70[

“Masuklah kamu ke surga beserta pasangan kamu untuk digembirakan”

Memulai hidup baru yang lebih baik terkadang memang terasa berat. Namun selama masih mungkin sudah tentu tidak baik untuk ditunda-tunda. Siapapun kita, hidup ini hanya akan berarti atas penilaian Tuhan. Maka kembali dan terus mengikuti jalanNya adalah pilihan yang niscaya. Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa mereka yang berhasil dan dengan mantap menjalani pilihannya ini adalah orang yang memperoleh perlakuan khusus, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Di dunia hari-harinya selalu di‘temani’ oleh do’a para malaikat penjaga ‘arsy dan nanti di akhirat akan dimasukkan ke dalam surga bersama-sama semua anggota keluarganya.

Mengenai do’a para malaikat pembawa ‘Arsy, kita teringat kisah isra’ mi’raj Nabi saw. Dalam perjalanan mi’raj itu, Nabi mendengar suara gemuruh dzikir dan do’a dari para malaikat pembawa ‘Arsy. Mereka selalu berdzikir memuja kebesaran Allah, mereka berdo’a untuk kaum mukminin. Sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an:

الَّذِيْنَ يَحْمِلُوْنَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُوْنَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُوْنَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُوْنَ لِلَّذِيْنَ امَنُوْا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْئٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِيْنَ  تَابُوْا واتَّبَعُوْا سَبِيْلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيْمِ ]7[ رَبَّنَا وَاَدْخِلْهُمْ جَنَّتِ عَدْنٍ الَّتِى وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ أَبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَـّتِهِمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزِ الْحَكِيْمِ ]8[

“Para malaikat yang membawa ‘Arsy dan malaikat (lain) yang ada di sekitarnya sama-sama bertasybih dengan memuji Tuhan dan mereka beriman kepadaNya serta memintakan ampun untuk orang-orang yang beriman. Seraya berkata: Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu dan peliharalah mereka dari siksaan neraka jahannam yang menyala-nyala. Ya Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn, yang telah Engkau janjikan bersama orang-orang yang shaleh di antara orang tua mereka, istri-istri dan keturunan mereka, sungguh Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS: al-Mu’min; 7-8)

‘Kisah’ do’a malaikat ini, setidaknya menunjukkan dua hal: pertama, setiap saat selalu ada orang yang selalu dido’akan oleh para malaikat; kedua, bahwa orang-orang tersebut dido’akan masuk surga bersama-sama dengan semua keluarganya, orang tuanya, istrinya, dan anak cucunya.

Siapa sebenarnya mereka ini? dalam ayat di atas, dengan jelas disebutakan:  “Yaitu orang-orang yang selalu taubat dan mengikuti apa yang jadi ajaran agama Allah”. Artinya orang yang selalu menyadari kekhilafan dan kesalahanya, lalu bersegera beristighfar, meminta ampunan Allah, dan tidak lagi menuruti hawa nafsunya. Hanya orang-orang inilah yang akan merasakan do’anya para malaikat.

Selanjutnya berkaitan dengan orang yang akan dimasukkan ke surga bersama dengan semua keluarganya. Dalam surat al-Zuhruf; 70 dijelaskan: “Masuklah kamu ke surga beserta istri kamu untuk digembirakan”. Demikian juga dalam surat al-Ra’d, Allah berfirman:

جَنَّتُ عَدْنٍ يَدْخُلُوْنَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ أَبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَاتِهِمْ وَالْمَلَئِكَةُ

يَدْخُلُوْنَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ  ]الرعد: 23[

“Surga ‘Adn, mereka masuk ke dalamnya bersama orang-orang  yang shalih di antara orang tua mereka, istri-istri mereka, dan keturunan mereka, sedang para malaikat masuk ke tempat mereka dari segala pintu.”

Siapa orang tersebut, dalam surat al-Thur Allah berfirman:

وَالَّذِيْنَ أَمَنُوْا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِأِيْمَانٍ اَلْحَقْنَابِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا اَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْئٍ  ]الطور:21[

“Orang-orang yang beriman, lalu anak-cucu mereka mengikutinya dengan iman, Kami susulkan keturunan mereka pada mereka, dan kami tidak mengurangi amal mereka sedikitpun”

Dari ayat ini jelas bahwa orang yang berhasil masuk surga bersama-sama dengan semua keluarganya, yaitu orang mukmin yang sukses hidupnya termasuk dalam mendidik keluarga dan semua anak keturunannya, sehingga semua keluarganya selalu mengikuti dan mencontoh semua amal kebaikannnya. [ ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: